2/12/2013

bangkit dari kesedihan

Bangkit Dari Keterpurukan

Bangkit dari keterpurukan bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan. Saya pernah mengalami hal ini selama bertahun-tahun. Sungguh rasanya sangat tidak menyenangkan dan membosankan. Bagaimana tidak, sehari-hari aktivitas yang saya lakukan hampir tidak ada yang bermakna. Hidup menganggur tidak punya pekerjaan, terjerumus dalam pergaulan yang salah dan hampir kehilangan mimpi dan cita-cita. Itulah keterpurukan hidup yang pernah saya alami.
Seperti di awal tadi saya katakan, memang tidak mudah bangkit dari keterpurukan, terlebih jika keterpuruan itu kita alami dalam masa yang cukup lama. Tapi itu adalah bagian dari masa lalu saya dan tidak akan pernah akan saya ulang lagi saat ini ataupun di masa yang akan datang. Melalui artikel ini saya ingin berbagai kepada teman-teman semua bagaimana caranya kita keluar dari keterpurukan dan bisa meraih tujuan hidup yan kita impikan. Cara-cara tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut:
Bergaulah dengan orang-orang yang memiliki motivasi
Jika kita mengalami keterpurukan yang cukup lama, rasanya sangat sulit bagi kita untuk memulia sebuah perubahan. Dari itulah penting sekali bagi kita untuk memilih pergaulan. Tidak bisa di pungkiri bahwa pergaulan memegang peranan penting dalam memotivasi diri kita, yang akhirnya akan memupuk motivasi diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kita juga harus tahu, bahwa untuk mencapai kesadaran itu ada dua cara, pertama: sadar dengan sendirinya, kedua sadar karean bantuan orang lain/motivasi dari orang lain. Kalau kita merasa sulit mencapai kesadaran sendiri, maka kita butuh orang lain untuk menyadarkan kita dan hal itu akan bisa terwujud jika kita pandai memilih sebuah pergaulan yang benar. Jadi bergaulan dengan orang yang memiliki motivasi tinggi dan hindarilah bergaaul dengan para pemalas dan para pengkhayal, karena hal itu hanya akan merugikan anda.
Belajarlah dari pengalaman hidup orang lain
Setelah anda memiliki pergaulan yang benar, selanjutnya anda harus mau belajar dari pengalaman mereka bagiamana caranya memupuk motivasi dalam menjalani hidup. Memang tidak semua pengalama hidup bisa kita terapkan dalam diri kita, tapi setidaknya anda bisa menjadikan pengalaman hidup orang lain sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan dan menjalani hidup. Ambilah yang berguna untuk anda dan buang hal-hal yang tidak berguna. Jika anda berhasil menerapkan hal ini maka anda satu tahap telah siap menjadi manusia pembelajar.
Mulailah susun ulang cara berpikir anda
Semua hal di awali dari cara bepikir, jika cara bepikir kita benar maka besar kemungkinan kita akan bersikap dan bertindak secara benar, tapi jika pola pikir kita salah besar kemungkinan sikap dan tindakan kita juga akan salah. Untuk itulah mulai dari sekarang luruskan cara bepikir kita, jangan sekali-kali kita berpikir, bahwa Tuhan tidak sayang sama kita, atau Tuhan tidak adil dengan diri kita. Ambilah hal-hal yang positif dari segala hal yang telah kita alami dalam hidup ini, meskipun itu sebuah kegagalan atau sebuah keterurukan. Yakinlah bahwa apa yang terjadi ini hanyalah ujian yang akan mengantarkan kita pada kehidupan yang lebih baik
Mulailah bertindak
Orang bijak berkata untuk bisa merubah diri menjadi lebih baik niat saja tidak cukup. Mungkin selama ini kita sudah berniat merubah diri atau berniat untuk melakukan sesuatu yang lebih, tapi niat itu tidak akan menjadikan hidup kita berubah, malah terkadang kita akan semakin terpuruk lebih dalam daan semakin marasa tidak berdaya. Untuk itu niat harus di barengi dengan tindakan, jadi jika anda ingi keluar dari keterpurukan, maka anda harus bertindak untuk memulai perubahan tersebut, meskipun tindakan itu sangat sederhana.
Optimis
Setiap tindakan yang baik juga harus di landasi sikap optimis. Optimis iti adalah sikap percaya bahwa tindakan yang kita jalankan saat ini akan membawa dampak yang besar dalam diri anda. Kita harus yakin dengan pikiran dan tindakan kita, supaya dalam menjalanakan tindakan tersebut kita selalu semangat dan penuh gairah. So optimislah dengan diri kita dan tindakan kita, jika itu berhasil kita lakukan maka keterpurukan itu akan menjadi masa lalu dan akan menjadikan anda menjadi pribadi yang lebih bersemangat di masa yang akan datang
Pasrahkan kepada sang pencipta
Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah kita laksanakan, langkah terkhir yang harus kita lakukan adalah pasrah. Kenapa ini saya tempatkan terakhir, karena memang hanya Tuhan penentu segala keberhasilan. Setelah kita berusaha mati-matian keluar dari keterpurukan, maka hasil akhir kita serahkan kepada sang pencipta. Tapi percayalah jika usaha anda sungguh, maka Tuhanpun akan mewujudkan apa yang anda inginkan. Kalau misalnya usaha kita belum membuahkan hasil, maka sabar menjadi kuncinya.
Beberapa hal di atas adalah sebuah opini saya tentang cara keluar dari keterpurukan yang sudah lama kita jalani. Jadi apapun berhasil dan tidaknya anda keluar dari keterpurukan semua tergantung pada diri anda sendiri. Tapi saya tetap berharap tulisan ini bisa menjadi bahan renungan bersama untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق